Memahami Berbagai Bentuk Informasi Tertulis

Posted by Maimunah dan Najwa On Monday, December 24, 2012 0 komentar

Kompetesi Dasar: Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks.
A. Memahami Berbagai Bentuk Informasi Tertulis
- Memahami Informasi Grafis
Grafik adalah lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar, biasanya menggambarkan turun naiknya hasil, statistik dan sebagainya.
Grafik terdiri atas beberapa macam, misalnya grafik batang, garis, kolom, pie (lingkaran), dan sebaginya.
- Memahami Informasi Matriks
Matriks adalah kerangka, bagan, atau tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan dapat dibaca dari atas kebawah dan dari kiri ke kanan.
- Mencatat Isi Pokok Informasi
Ada beberapa cara yang dilakukan untuk dapat membuat catatan, yaitu sebagai berikut:
  1. Baca kembali beberapa kali wacana tersebut sampai dengan memahaminya
  2. Buatlah daftar pertanyaan yang berhubungan dengan wacana itu
  3. Buatlah daftar istilah-istilah penting yang terdapat dalam wacana itu
  4. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut
  5. Cari arti kata dari istilah-istilah penting tersebut
  6. Buatlah ringkasan dari wacana dengan cara menyimpulkan jawaban-jawaban atau istilah-istilah penting yang telah dijawab berdasarkan daftar pertanyaan.
- Mengidentifikasi Berbagai Macam Teks
Dalam bahasa Indonesia dikenal empat macam teks, yaitu:
  1. Narasi yaitu suatu bentuk wacana yang menggambarkan dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca suatu peristiwa yang telah terjadi. Teks narasi berusaha untuk menjawab apa yang telah terjadi.
  2. Argumentasi berasal dari kata argumen berarti alasan. Karangan argumentasi adalah karangan yang mengemukakan alasan, contoh, dan bukti yang kuat serta meyakinkan, sehingga orang akan terpengaruh dan membenarkan pendapat, gagasan, sikap, dan keyakinan yang ditulis dalam karangan tersebut.
  3. Deskripsi yaitu karangan yang berisi gambaran mengenai suatu hal/ keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar atau meraba hal tersebut.
  4. eksposisi yaitu karangan yang berupa pemaparan suatu objek atau penjelasan tentang suatu topic dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca.
- Melisankan Informasi Non-Verbal
Informasi dapat disampaikan dalam dua cara yaitu, dalam bentuk verbal (lisan) dan dalam bentuk nonverbal, misalnya dalam bentuk tertulis, gambar, tabel, grafik, dan sebaginya.
B. Menyimpulkan Informasi dengan Teknik Induktif dan Deduktif
Membuat Simpulan
Teknik membuat simpulan dapat dibuat dengan dua macam cara, yaitu:
  1. Teknik membuat simpulan induktif yaitu teknik membuat simpulan induktif disusun mulai dari pengumpulan data/fakta dan berakhir pada kesimpulan yang merupakan ciri umum dat/fakta yang diamati
  2. Teknik membuat simpulan deduktif yaitu teknik membuat simpulan yang bertolak dari suatu kesimpulan umum kemudian dijabarkan contoh-contoh yang mengandung ciri-ciri umum itu.

0 komentar to Memahami Berbagai Bentuk Informasi Tertulis

Powered by Blogger.