Memilih Kata, Bentuk Kata, dan Ungkapan Yang Tepat

Posted by Maimunah dan Najwa On Monday, December 24, 2012 0 komentar

Kompetesi Dasar: Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.
A. Memilih Kata, Bentuk Kata, dan Ungkapan Yang Tepat
- Kata dan Ungkapan yang sesuai dengan Tuntutan Situasi Komunikasi
Ketika kita melakukan komunikasi baik secara lisan maupun tertulis kadang–kadang secara tidak sengaja atau tidak, sering menggunakan ungkapan. Penggunaan ungkapan ketika berkomunikasi akan menghidupkan suasana, misalnya kalimat tersebut menjadi lebih hidup, tidak monoton, hangat dan menarik.
Untuk menguasai ungkapan denagn baik, dibutuhkan latihan tentang penggunaan ungkapan secara tepat sesuai dengan tuntutan situasi komunikasi, misalnya untuk situasi komunikasi yang gembira, situasi sedih, tegang, menakutkan, santai dan sebagainya dibutuhkan ungkapan yang berbeda.
 - Penggunaan Kata, Bentuk Kata dan Ungkapan
Menggunakan kata, bentuk kata dan ungkapan secara tepat sesuai dengan situasi komunikasi merupakan hal yang penting agar apa yang kita maksudkan dapat dipahami oleh lawan bicara kita.
B. Pemakaian Kata Bersinonim
- Sinonim
Sinonim adalah sebuah kata yang dikelompokkan dengan kata–kata lain di dalam klasifikasi yang sama berdasarkan makna umum. Artinya memiliki makna pusat yang sama tetapi berbeda dalam nilai rasa.
- Pengulangan Mubazir
Dalam membuat sebuah kalimat kadang–kadang terdapat penggunaan kata yang sama secara berulan–ulang. Pengulangan kata tersebut menjadi mubazir. Oleh karena itu, untuk menghindarinya kita perlu menggantinya dengan menggunakan sinonim atau ungkapan yang tepat, tetapi penggantian kata tersebut tidak boleh merubah pengertian atau makna kalimat itu, sehingga penggunaan kalimat menjadi lebih efektif.
Contoh: Direktur perusahaan itu meminta perwakilan para perkerja untuk melakukan perundingan,tetapi para perkerja tetap menolak permintaan itu,kecuali ada jaminan tututan kenaikan gaji mereka dipenuhi.
sebaiknya: Direktur perusahaan itu meminta perwakilan para perkerja untuk melakukan perundingan,tetapi karyawan tetap menolak permintaan itu,kecuali ada jaminan tuntutan kenaikan gaji mereka dipenuhi.
- Honomin
Honomin,yaitu dua kata atau lebih yg sama bunyinya tetapi berbeda artinya. Misalnya kata ‘jarak’ dalam kalimat berikut ini.
(a) Jarak antara Jakarta dan Cirebon kami tempuh dalam waktu 4 jam.
(b) Pada zaman dahulu orang menggunakan buah jarak sebagai lampu penerang rumah.
————————————————————————————————————————————————
SUMBER: Komaruddin S., Erien dan Atih Supriatih. 2007. Panduan Kreatif Bahasa Indonesia untuk SMK Kelas X. Erlangga.

0 komentar to Memilih Kata, Bentuk Kata, dan Ungkapan Yang Tepat

Powered by Blogger.