Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !
Selamat Datang di blog Kumpulan Materi Pelajaran Semoga Bermanfaat

Cara Menyusun Neraca Saldo

Neraca Saldo merupakan pengelompokkan saldo akhir didalam buku besar, atau daftar yang berisi kumpulan seluruh rekening/perkiraan buku besar. Neraca Saldo biasanya disiapkan pada akhir periode atau dapat juga disiapkan kapan saja untuk memastikan keseimbangan Buku Besar. Untuk menyiapkan Neraca Saldo, saldo tiap perkiraan harus ditentukan terlebih dahulu. Fungsi neraca saldo adalah mengevaluasi adanya kesalahan posting atau penjurnalan melalui ketidaksamaan antara debet dan kredit, atau untuk memastikan bahwa Buku Besar secara matematis adalah akurat dengan pengertian bahwa jumlah saldo-saldo debet selalu sama dengan saldo-saldo kredit. Namun keseimbangan bukan berarti catatan-catatan akuntansi benar-benar akurat.

Dalam neraca saldo terdapat hampir semua perkiraan pendapatan dan beban perusahaan. Dikatakan hampir semua, karena masih ada pendapatan dan beban yang mempunyai pengaruh lebih dari satu periode akuntansi. Itulah sebabnya neraca ini disebut dengan neraca saldo yang belum disesuaikan. Untuk itu diperlukan jurnal penyesuaian. Saldo setiap rekening disusun berurutan dari rekening Neraca dan rekening Rugi Laba sebagai berikut:
1.    Aktiva Lancar
2.    Aktiva Tetap
3.    Aktiva Lain-lain
4.    Hutang Lancar
5.    Hutanng Tidak Lancar
6.    Ekuitas
7.    Pendapatan Operasi
8.    Pendapatan Non Operasi
9.    Beban Operasi
10.  Beban Non Operasi

Bentuk atau Format Neraca Saldo dapat dilihat pada gambar berikut ini:

 Format Neraca Saldo
(klik Gambar Untuk Memperjelas Tampilan)
Keterangan :
- Kolom Nomor Rekening digunakan untuk menampung nomor-nomor rekening buku besar.
- Kolom nama Rekening Digunakan untuk menampung nama-nama rekening buku besar
- Kolom debet dan kredit digunakan untuk menampung jumlah saldondari rekening yang  bersangkutan.


Kesimpulan 
Tujuan Penyusunan Neraca Saldo adalah mengevaluasi adanya kesalahan posting atau penjurnalan melalui ketidaksamaan antara debet dan kredit, atau untuk memastikan bahwa Buku Besar secara matematis adalah akurat dengan pengertian bahwa jumlah saldo-saldo debet selalu sama dengan saldo-saldo kredit. Sumber penyusunan Neraca saldo adalah dari Buku besar, jadi Kode akun, ama dan jumlah saldo akun diperoleh dari buku besar. Neraca saldo yang benar akan memunculkan jumlah saldo di sisi Debet dan sisi Kredit yang sama.
Demikianlah, semoga pembahasan ini memberi manfaat bagi anda. setelah anda menguasai neraca saldo maka disarankan anda untuk membaca dan memahami jurnal penyesuaian.
 
Salam Sukses......

0 Response to "Cara Menyusun Neraca Saldo"