Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !
Selamat Datang di blog Kumpulan Materi Pelajaran Semoga Bermanfaat

Rangkuman Mengelola Dana Kas Kecil

Mengelola Dana Kas Kecil
1.      Dana kas kecil:
Sejumlah uang kas atau uang tunai yang disediakan perusahaan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonomis bila dibayar dengan cek. Misalnya: pembelian meterai, perangko, rekening telepon, rekening listrik, rekening air, perlengkapan kantor, biaya keamanan, biaya kebersihan, dan sebagainya.
2.      Imprest fund method:
Metode dimana jumlah saldo rekening kas kecil selalu tetap yaitu sebesar cek yang diserahkan kepada kasir kas kecil untuk membentuk dana kas kecil
3.      Fluctuation fund method:
Metode di mana pemakaian kas kecil oleh kasir kas kecil dicatat dalam bentuk jurnal formal sehingga buku kas kecil dapat dignakan sebagai dasar pencatatan dalam buku besar. Jumlah pengganti dana kas kecil tidak harus sama dengan jumlah yang telah dikeluarkan.
4.      Cara pembentukan dana kas kecil:
Pembentukan dana kas kecil berdasarkan surat keputusan kepala bagian keuangan. Bagian-bagian yang terlibat dalam pembentukan dana kas kecil, di antaranya adalah bagian utang, bagian kasir, bagian jurnal dan laporan, serta pemegang dana kas kecil.
5.      Sistem pengisian kembali dana kas kecil dalam sistem dana tetap:
Pada waktu meminta pengisian kembali, kasir kas kecil akan menyerahkan bukti-bukti pengeluaran dan menerima cek sebesar pengeluaran yang sudah dibayar. Dalam metode ini, kasir kaskecil tidak mencatat pemakaian kas kecil dalam jurnal.Buku kas kecil hanya merupakan catatan intern kasir kas kecil saja.
6.      Fungsi bukti pengeluaran kas kecil:
Untuk pengajuan pengisian kembali kas kecil adalah sebagai bukti bagi pemegang dana kas kecil untuk meminta penggantian kepada kasir kas umum
7.      Sistem pengisian kembali dana kas kecil dalam sistem dana tidak tetap:
Pengisian kembali dapat dilakukan sebesar jumlah yang sama, lebih besar atau lebih kecil daripada saat pembentukan tanpa memperhatikan berapa kas kecil yang sudah dikeluarkan.
8.      Perbedaan cash overage dan cash shortage:
·         Cash overageterjadi bila kas kecil yang ada lebih besar jumlahnya daripada kas kecil yang dicatat dalam pembukuan.
·         Cash shortageterjadi bila kas kecil yang ada lebih kecil jumlahnya daripada kas kecil yang dicatat dalam pembukuan.
9.      Permintaan dan pertanggungjawaban dana kas kecil:
Pemegang kas kecil membuat surat permintaan kas kecil. Setiap ada transaksi yang ada hubungannya dengan kas kecil harus disertai dengan bukti kas kecil.
10.  Penyebab terjadinya selisih kas:
·         Jumlah yang diterima atau dikeluarkan lebih besar atau lebih kecil daripada jumlah yang seharusnya dicatat
·         Kehilangan akibat kekeliruan saat transaksi pertukaran misalnya memberikan uang kembali
·         Adanya uang palsu
·         Kesalahan dalam pencatatan jurnal dan sebab-sebab yang tidak diketahu
 
Semoga Bermanfaat....

0 Response to "Rangkuman Mengelola Dana Kas Kecil"